Rita Widyasari

Bela Rohingya Boleh-boleh Saja, Tapi Tetap Jaga Etika & Moral

Borobudur Mau Dijadiin Lokasi Aksi

Dunia  SELASA, 05 SEPTEMBER 2017 , 10:30:00 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Bela Rohingya Boleh-boleh Saja, Tapi Tetap Jaga Etika & Moral

Foto/Net

RMOL. Aksi sejumlah Ormas Islam untuk menggelar aksi bela Roh­ingya di Candi Borobudur diprotes warganet. Sebagai situs sejarah, Candi Borobudur dianggap tidak ada hubungannya dengan konflik yang terjadi di Rohingya, Myanmar.
Selama beberapa hari ini, tersebar pesan berantai di jejaring medsos akan digelar aksi bela Rohingnya. Dalam pesan tersebut diklaim sudah ada 97 ormas yang akan ikut serta pada aksi yang digelar di kawasan Candi Borobudur.

Koordinator Aksi, Anang Imamudin mengatakan, pihaknya kini tengah memproses semua pemberitahuan dan izin. "Terkait tempat mo­hon diperjelas, kami tidak melaku­kan aksi di Candi Borobudurnya, kami aksi di wilayah sekitar candi. Karena kami tahu aturan bahwa candi adalah situs purbakala yang dilindungi," jelas Anang.

Anang juga mengatakan, untuk lokasi tepat pelaksanaan aksi, sampai saat ini masih dibicarakan dengan aparat keamanan dan pihak terkait. Dipilihnya kawasan Borobudur, menurutnya, bukan tanpa alasan.

"Maka dengan kita berorasi di Borobudur, justru menujukkan sikap dewasa kaum muslimin Indonesia, meski mayoritas muslim tempat ibadah kaum Buddha pun masih aman dan justru dipelihara. Hal itu untuk mematahkan apa yang mereka sangkakan, bahwa muslim itu tero­ris. Dan membuktikan pada dunia, muslim itu bisa bersikap bijaksana," ungkap Anang.

Selain itu, lanjutnya, jika aksi dilaksanakan di Borobudur, kabar akan lebih didengar dunia karena Candi Borobudur termasuk pening­galan keajaiban dunia. "Adapun prasangka bahwa dengan mengada­kan aksi di depan Borobudur bisa menyulitkan dan makin membuat muslim di Rohingnya kian terdesak dan tersiksa, maka kami menjawab hal itu belum tentu," katanya.

Namun alasan itu tidak direspons positif oleh pegiat dunia maya. "Emangnya borobudur ini yang bangun junta militer Myanmar?," protes akun @saninnha7.

"Kayaknya salah tempat, kita tdk sedang melawan ummat budha yg kita lawan pemerintah myanmar," kata akun @mustafeng1.

"Kepung borobudur apa hasilnya? Apakah borobudur ada hubungan­nya sama myanmar??? kalau mau ya berangkat aja ke myanmar lang­sung," ujar akun @irawan_tee1.

"Aksi..aksi.. Mau kemana arah aksi ini,mkin gx jelas arah & tujuan­nya.. Apa slahnya borobudur? Klo mw aksi,mau bela..sono pergi ke TKP," ujar akun @Imulya77.

Akun @amynunu_ juga ikut mempertanyakan soal keterkaitan aksi tersebut dengan Borobudur. "Kabarnya akan ada "aksi bela Rohingya di Borobudur". Ada apa dgn borobudur? Krn mayoritas penganut budha gtu? Oh Tuhan, luruskanlah mereka!!," tulisnya.

"Apa hubungannya candi borobu­dur ama rohingya coba? Ckckck..... logikanya dah terbalik2," cuit akun @caitlinlaureta.

"Gak ad urusannya krisis di Myanmar dgn umat Buddha di Indonesia. Trs knp mau aksi di Borobudur?" ujar akun @kuwakwaw.

"Jika kalian demo ke Borobudur sama saja merusak citra Islam Indonesia, koq bisa datangi simbol agama Budha, tempat ibadah,dan World Heritage," sindir akun @ ferrykoto.

"Jokowi akan bersepeda di Magelang. Berdekatan dgn itu, ada aksi damai bela rohingya di borobudur. Kebetulan?," ungkap akun @ciamikboy.

"Kalau terus memaksakan kehendak berarti punya niat terse­lubung atas situs bersejarah terse­but..Apalagi kalau benar dimalam hari yo aneh saja," cuit akun @ Bambangws.

"Aksi bela rohingya ya ke myan­mar lah, ngapain di borobudur? Mau marah marah ama benda mati?," sindir akun @cilesen5.

"Apa hubungannya borobudur dengan rohingya....,kok borobudur jadi dimusuhi...," protes akun @ Eko16672376.

"Masalah luar negeri jgn sampai bikin kacau dalam negeri. Seadainya dlm kacau, yg pd demo hrs bertang­gung jawab penuh," imbuh akun @ arie_bresto.

Akun @Ferdyansukma berharap semua pihak ikut turut menjaga Candi Borobudur sebagai benda peninggalan sejarah. "Tahun 85 borobudur pernah di bom teroris dan porak poranda.jauhkan borobu­dur dari ancaman kerusakan dari manapun itu meskipun bukan tero­ris," ujarnya.

"Kenapa demo di borobudur yah? Itu situs dunia bukan untuk aksi demo, mau demo rohingya ya di kedutaan sana," kata akun @hanoman7530.

"Setuju pak Saya curiga ada upaya menunggangi peristiwa di Rohingya, Borobudur kan jg tmpt ibadah umat Budha, mau ngapain demo kesana ??," kata akun @AgusPr11.

"Bener tuh musti dilarang aja, gak ada hubungannya, itu kan situs purbakala, ke Kedubes Myanmar malah lebih bagus !" kicau akun @ Budhianto_.

"woi, borobudur itu di magelang jawa tengah bukan myanmar, ga ada hub ama rohingya...mikir dikit lah!," protes akun @Pakdetimin.

"Motivasinya ke borobudur apaan?? Sama ajah mendiskreditkan pihak yang lain dong," kicau akun @Ikapednyana.

"Hati2 takutnya ada yg meman­faatkan keadaan memicu konflik SARA di Indonesia," imbuh akun @ferry_congo.

Polda Jateng menegaskan tidak akan mengeluarkan izin terkait aksi bela Rohingnya yang rencananya akan digelar di Candi Borobudur hari Jumat (8/9). Hal itu terkait lokasi yang merupakan tempat iba­dah dan wisata.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) Condro Kirono, mengatakan sudah ada undang-undang tentang pe­nyampaian pendapat yang aksi di tempat ibadah. Selain itu Borobudur juga merupakan cagar budaya dan tempat pariwisata.

"Apalagi Candi Borobudur bukan saja tempat ritual agama Budha, tapi menjadi aset nasional, bahkan jadi cagar budaya dunia," kata Condro di Mapolda Jateng, kemarin. ***
Baper Meter
 Loading...
Suka
Suka
0%
Kocak
Kocak
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
100%
Kaget
Kaget
0%
Tidak Peduli
Tidak Peduli
0%
Waspada
Waspada
0%
Takut
Takut
0%

Komentar Pembaca
Angela Merkel Kembali Jadi Kanselir Jerman
Korut Kena Batunya

Korut Kena Batunya

SENIN, 25 SEPTEMBER 2017

Pemilu Jerman, Angela Merkel Hanya Suguhkan Sedikit Kejutan
Australia Alokasi 400 Miliar Dolar AS Untuk Badan Antariksa Nasional
Korut Masuk Daftar Negara Terlarang AS

Korut Masuk Daftar Negara Terlarang AS

SENIN, 25 SEPTEMBER 2017

Pesisir Bangladesh Jadi Tempat Harapan Pengungsi Rohingya
Panglima TNI Dinilai Tidak Tahu Prosedur

Panglima TNI Dinilai Tidak Tahu Prosedur

, 25 SEPTEMBER 2017 , 19:00:00

Info Panglima TNI Tidak Akurat, So What?

Info Panglima TNI Tidak Akurat, So What?

, 25 SEPTEMBER 2017 , 15:00:00

Barbuk OTT Suap Wali Kota Cilegon

Barbuk OTT Suap Wali Kota Cilegon

, 24 SEPTEMBER 2017 , 02:20:00

Kontes Domba Berhias

Kontes Domba Berhias

, 24 SEPTEMBER 2017 , 08:46:00

Kang Emil Di Gunung Padang

Kang Emil Di Gunung Padang

, 24 SEPTEMBER 2017 , 08:04:00